Mending Rame-rame Serbu Rumah para Koruptor

“Daripada nyerang tempat ibadah orang lain, hanya karena ketidaksetujuan dan ketidaksamaan mereka dengan kita, mending kita lemparin batu aja tuh rumah para koruptor. Merekalah yang seharusnya kita musuhi, dan kita berantas, bukannya orang-orang yang berbeda keyakinan . Setiap orang memiliki reason dan logika masing-masing sehingga kita tidak berhak melakukan “kekerasan” pada mereka. Kekerasan intelektual saja seharusnya tidak boleh apalagi kekerasan fisik, tambah nggak boleh lagi.”Demikian petikan apa yang disampaikan Dr. Haidar Bagir, di sela-sela beliau menerangkan materi hermeneutik, dalam rangka menyikapi aksi kekerasan atas nama agama yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Menurut beliau jelas bahwa orang-orang yang melakukan tindak anarkis seperti penyerangan ribuan orang terhadap tempat-tempat jemaat Ahmadiyah benar-benar tidak dapat dibenarkan. Apalagi dibenarkan, membiarkan tindakan semacam ini terjadi saja, itu sudah salah . Tapi tetap saja peristiwa macam ini terjadi.
Dr. Haidar Bagir melanjutkan kata-katanya dengan, “Tapi meskipun patut bagi kita menyerang rumah-rumah para koruptor itu, namun tetap saja itu tidak bisa kita lakukan. Meskipun mereka sangat jelas merugikan rakyat kita tidak dapat menghakimi tindakan mereka dengan tindakan anarkis. Kembali berkenaan dengan penyerangan terhadap Ahmadiyah, yang saya tidak habis pikir, alasan yang digunakan untuk melegitimasi acara menyerang itu adalah dengan mengatakan bahwa pemerintah tidak mau turun tangan mengamankan mereka, apalagi sudah ada label sesat pada ajaran mereka. Alasan klise ini sebenarnya. Kalau hanya karena alasan ini terus orang bunuh-bunuhan, bisa kacau negara ini. Saya pikir ya..mbok ikuti aturan maennya lah…”

Tindak kekerasan dengan wacana apapun tidak dibenarkan. Kecuali dalam rangka membela diri!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s