Soharto pun Manusia

Hari ini tubuh tua itu tergolek di Rumah sakit Pusat Pertamina, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sebuah ruangan di lantai lima itu seorang mantan penguasa yang paling berpengaruh di Indonesia terbaring. Sampai saat ini kondisi Presiden ke dua RI itu masih kritis meski kondisinya mulai membaik. Kini secara fisik ia tak lagi berdaya. Tidak seperti dulu, ketika masih memegang tampuk kekuasaan. Dulu ia sangat ditakuti. Semua diam ketika mendengar titahnya. Begitu perkasanya dia. Tapi itu dulu.

Paska reformasi 98, orang-orang mulai memberanikan diri menghujat, bahkan melawannya. Sebuah buntut panjang ketidakpuasan atas kediktatoran yang dilakukan orang yang pernah memimpin Indonesia selama 32 tahun. Hampir-hampir semua yang berkenaan dengan nama mantan presiden ini selalu dikonotasikan dengan ketidakbaikan. Tentu ungkapan ini muncul bukan dengan prasangka-prasangka buta. Melainkan bukti-bukti nyata bahwa memang Soeharto telah melakukan dosa besar terhadap bangsa ini. Terhadap saudara-saudara setanah airnya. Begitulah dia. Tokoh fenomenal Indonesia.

Kini ia terkapar di sebuah ruang tempat orang-orang mengobatkan diri mereka. Tokoh-tokoh penting negeri inipun silih berganti menjenguknya. Di antaranya adalah mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ia datang bersama istrinya, Sinta Nuriyah.

Gus Dur mengaku datang menjenguk, mengingat jasa-jasa Soeharto di masa lalu. Menurutnya, Soeharto mempunyai jasa mengajarkan bangsa Indonesia punya perhitungan dan perencanaan. Soeharto juga dinilai punya perhatian terhadap rakyat miskin selama 32 tahun memimpin negara.

Menyoal kasus hukum yang membelit Soeharto, Gus Dur mengatakan proses hukum harus tetap berjalan jika mantan penguasa Orde Baru itu sehat. Setelah proses hukum berlangsung, menurut Gus Dur, terserah kepada bangsa Indonesia untuk mengampuni atau tidak. Selain Gus Dur, datang juga menjenguk Soeharto adalah Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie. Tampak pula mantan Gubernur DKI Jakarta R. Soeprapto dan istri mantan Wakil Presiden Soedarmono.

Soeharto..oh Soeharto, dia membangun juga mengguncang negeri. Begitulah manusia, tak akan lepas dari kesalahan dan kealpaan. Semoga cepat sembuh engkau Bapak Pembangunan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s