Jangan Ada Dusta Di antara Kita

Senang sekali bahwa saat ini sebagian wakil rakyat kita ada yang masih mau simpati dengan penderitaan rakyat Indonesia. Ketika dana intensif legislasi yang beberapa di antaranya telah ditransfer ke rekening masing-masing anggota DPR, beberapa fraksi menolak menerima dana ini.

Fraksi PDI-P misalnya. Secara tegas Sekjen PDI-P Pramono Anung W mengumumkan bahwa Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menetapkan dana intensif legislasi itu harus dikembalikan. Dia kembali menegaskan bahwa bila anggota mereka yang ada di Parlemen tidak mengembalikan dana itu, mereka akan terancam dalam pemilihan tahun depan.

Selain Fraksi PDI-P, Fraksi PKS-pun menolak menerima dana ini secara tidak langsung. Dana itu tetap mereka terima dengan catatan bukan untuk anggota. Tapi untuk kepentingan dana sosial.

Munculnya sikap semacam ini dari Parpol dan wakil rakyat kita tentu sedikit menimbulkan pertanyaan. Benarkah aksi mereka ini memang demi rakyat, atau sekedar aksi jual muka?  Bisa saja apa yang mereka lakukan adalah salah satu strategi mereka untuk meraih simpati rakyat. Aksi yang langka ini tentu menjadi media yang cukup jitu sebagai “kampanye awal” pemilu 2009. Namun, aksi ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa apa yang mereka lakukan memang benar-benar demi untuk merasakan penderitaan bersama rakyat yang semakin menderita.

Bagaimanapun apa yang mereka lakukan adalah contoh baik yang seyogyanya mendapatkan apresiasi dari kita. Mereka seperti mau berubah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s