Kilas 2007

Januari, 23

Polisi dan warga Poso Bentrok. Sembilan orang tewas, dua di antaranya adalah polisi. Bentrokan ini dimulai pukul 08:00 Wita. Pasukan Detasemen Khusus Antiteror datang ke Kelurahan Gebang Rejo, Poso Kota, untuk menangkap sejumlah orang yang telah lama menjadi boron polisi. Tapi warga menghadang. Baku tembak terjadi tidak kurang dari setengah jam.

Januari, 29

Banjir Jakarta. Inilah hari yang membuka episode banjir besar Jakarta selama tiga abad terakhir. Hujan selama enam hari, mengalirkan air bah yang merendam Ibukota. Jakarta lumpuh tiba-tiba. Ribuan ruma tenggelam genangan air dengan tinggi rata-rata lebih dari satu meter. Banjir ini lebih dahsyat dibandingkan banjir tahun 2002 lalu. Pemerintah memperkirakan kerugian mencapai Rp 4,1 triliun.

Februari, 12

Wakil rakyat demo. Sekitar seribu anggota dewan perwakilan rakyat daerah provinsi dan kabupaten/kota mendatangi gedung DPR di Jakarta memprotes revisi Peraturan Pemerintah No 37 Tahun 2006 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD. Akibat revisi itu, para wakil rakyat di daerah itu kehilangan tunjangan kominikasi yang telah dibayar secara rapel.

Februari, 22

Kapal Motor Levina I yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok, terbakar di Kepulauan Seribu, Jakarta. Kapal penumpang ini melayani rute Tanjung Priok- Pangkal Balam, Bangka. Sekurangnya 15 orang tewas dalam tragedi ini. Setelah tiga hari berselang, bangkai kapal ini ditarik ke pantai, namun di saat-saat itu, kapal ini karam dan menewaskan beberapa wartawan yang meliput.

Mei, 07

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan pergantian kabinet untuk kedua kalinya.

Mei, 30

Alas Tlogo.  TNI Angkatan Laut menembak mati empat warga Alas Tlogo, Pasuruan.

Agustus, 29

Mantan Gubernu Jawa Tengah Mardiyanto dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri menggantikan Muhammad Ma’ruf.

September, 10

Rakernas PDI-P 8-10 September menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden untuk Pemilu 2009.

Oktober, 10

Mantar Gubernur Jakarta Sutiyoso mendeklarasikan diri sebagai calon presiden pada pemilu 2009.

Oktober, 24

Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal meminta polisi mengusut kasus pemotongan rel kereta api yang menyebabkan tergulingnya sejumlah kereta api di Jawa Tengah.

November, 08

Bekas Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara di era Megawati, Laksamana Sukardi diperiksa sebagai tersangka. Dia tersangkut kasus dugaan korupsi penjualan kapal tanker Pertamina.

Desember, 12

Direktur Penuntutan Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung Antasari Azhar, dipilih sebagai ketua KPK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s