Indonesia Di Goncang Krisis Pangan

Luar biasa memang ini. Persoalan makanan saja bisa berpengaruh pada perekonomian negeri ribuan pulau ini. Berita terakhir terkait dengan ini adalah demo pedagang tempe yang menuntut harga kedelai diturunkan. Kenaiakan harga barang dagangangan di pasaran memang semakin mencekik leher konsumennya, tak terkecuali para pedagang tempe ini. Kenaikan seratus persen harga kedelai membuat mereka mencak-mencak.

Selain kedelai, beraspun mengalami nasib yang sama. Harganya membumbung tinggi menembus awan langit pasaran. Bahkan untuk beras kualitas Raskin, yang berwarna kekuningan, dan mudah kering setelah dimasak, pembeli harus ngeluarin duit Rp 4500 per liter bukan per kilo. 

Harga mie instanpun mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yang  semula dengan uang seribu pembeli dapat memperoleh satu bungkus mie, kini pembeli harus nambahin uang jajanya beberapa ratus rupiah. Harga mie sekarang berkisar Rp 1100-1300 per bungkus. Cukup merepotkan juga.

Kondisi seperti ini tentu adalah sebuah dilema terbesar yang terjadi dalam negeri ini. Negeri subur ini ternyata tidak memakmurkan, bahkan menyengsarakan penghuninya. Ini bukan persoalan kemalasan rakyat negeri ini sebetulnya. Tapi tidak adanya komitmen penguasan negeri ini untuk mensejahterakan rakyatnya. Rakyat Indonesia adalah pekerja keras, mungkin paling keras di dunia ini. Lihat saja berapa ribu orang yang dijadikan komoditi ekspor ke negeri-negeri tetangga.

Memarginalkan petani sendiri dan menghidupi para lintah darat penguasa perkebunan adalah dosa besar yang dilakukan pemerintah terhadap anak dan cucu negeri ini. Jika Indonesia ingin lepas dari bencana pangan, sudah saatnya pmerintah mengatasinya dengan memberikan modal dasar bagi para petani negeri ini, tanah dan tanah sendiri.   

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s