Jauhkan Ar-Rahman Ar-Rahim Tuhan dari Islam

Ketika membahas sifat-sifat Allah yang ada dalam al-Qur’an, akan kita temukan bahwa Allah memiliki dua bangunan besar sifat. Jalaliyah dan Jamaliyah. Jalalaliyah representasi maskulinitasTuhan dan Jamaliyah representasi Feminitas Allah. Dan ternyata al-Qur’an lebih banyak menyebutkan sifat-sifat Allah yang ke dua, sifat maha feminin-Nya.

Kalau mau diungkap lebih jauh, meski inipun bukan hasil buah pikir saya, dominasi sifat-sifat jamaliyah itu ada bukan hanya sekedar ada untuk ditunjukkan pada manusia. Kenapa Al-Qur’an cenderung mengajarkan sifat-sifat keperempuanan dari pada sifat keperkasaan kelelakian? Dan itu karena Tuhan ingin menunjukkan bahwa ke-Maha Pengasih dan Maha penyanyangnya Tuhan itu lebih besar di banding dengan kemurkaan-Nya. Begitulah Tuhan ingin berpesan pada manusia.

Sayangnya ini tidak ditangkap baik oleh daya intelek manusia yang serba terbatas. Manusia lebih cenderung terbawa sifat kemanusiaannya dari pada mengikuti petunjuk Sang Kasih. Rasa ingin dihargai, dihormati, berkuasa, dan merasa paling benar sendiri menutupi cahaya cinta yang dipancarkan Tuhan. Luar biasanya manusia….! Tuhan yang Maha cantik diabaikan demi Tuhan yang Maha Perkasa….

” Standar manusia…” Teman saya bilang……

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s