Banjir Maning, Jakarta Banjir Maning

Banjir yang ditunggu kota Jakarta akhirnyapun tiba juga. Meski baru pembuka, banjir yang datang kemarin telah memberi peringatan tegas pada kita bahwa mungkin ada banjir susulan yang lebih besar. Setelah sehari-semalam mendung dan hujan menggelayuti langit Jakarta, air akhirnya membanjiri beberapa ruas jalan utama dan lebih dari 160 daerah di Jakarta.

Di ruas jalan seperti Thamrin, Sudirman, Jurusan Tomang-Harmoni, dan Cawang air menggenang hingga lebih dari 30 cm. Kemacetanpun terjadi di ruas-ruas jalan itu, tak terkecuali di jalan-jalan tol. Jalan-jalan tol yang tidak tergenang airpun jadi sasaran para pengemudi tak terkecuali bagi pengguna sepeda motor. Tidak sedikit di antar pengguna motor itu yang masuk ke area jalan mobil ini, ruas jalan tol yang berlawanan arah juga nampak dilalui pengendara sepeda motor.

Satu peringatan bagi warga Jakarta. Banjir kemarin tidak karena meluapnya kali-kali yang ada di Jakarta, tapi karena selokan-selokan yang tersumbat. Intinya sistem drinase kota Jakarta memang masih amburadul. Ini PR pertama yang harus diupayakan oleh Gubernur DKI, yang Agustus lalu pernah berjanji akan mengatasi Banjir. Meski dalam catatan yang masih saya ingat, ia akan mengatasi banjir ini dengan kembali meneruskan proyek Banjir Kanal Barat yang masih terbengkalai dan memperbaikai Banjir Kanal Timur yang sudah uzur. Namun, sayangnya dari peristiwa kemarin, meneruskan proyek Banjir Kanal Barat juga tidak akan menjawab masalah banjir ini dengan baik. Selokan-selokan dan sistem drinase lainnya juga harus diperbaiki. Bahkan ini yang terpenting. Perlu penataan, perbaikan, dan pembangunan ulang selokan-selokan yang ada di Jakarta ini. Terutama di daerah-daerah rawan banjir seperti di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Sunter, Penjaringan, Pondok Bambu, dan lain-lainya.

Ayo mulai bekerja Bang Fauzi. Bicara saja akan percuma. Sampai berbusapun pasti percuma. Bertindak dan bekerja kuncinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s