Dalai Lama Bantah Dalangi Kerusuhan

NEW DELHI, SABTU–Pemimpin spiritual Tibet di pengasingan, Dalai Lama menyatakan, tuduhan China bahwa ia mendalangi kerusuhan di Tibet tidak berdasar sama sekali. China sebelumnya menuduh Dalai Lama menjadi “dalang” di balik protes-protes yang melanda wilayah itu Jumat.

“Ini tidak berdasar sama sekali dan sang suci telah menyampaikan sikapnya dengan sangat jelas,” kata seorang juru bicara Dalai Lama yang dihubungi di kota India Dharamsala melalui telepon. “Ini bukan hal yang baru, China telah mengatakan hal ini berulang kali dan ini sangat tidak berdasar,” kata Chhime Chhoekyapa.

Menurutnya, orang-orang Tibet pengasingan yang tinggal di Dharamsala terkejut atas tuduhan-tuduhan aneh dari China. “Protes yang terus berlangsung itu tidak memiliki kaitan dengan sang suci Dalai Lama,”  katanya.  Sementara waktu Olimpiade semakin dekat, orang-orang Tibet berusaha menghidupkan lagi gerakan kemerdekaan mereka dan memprotes apa yang mereka sebut pendudukan ilegal China atas negeri mereka.

Sejumlah orang tetap menjauhkan diri dari Dalai Lama yang moderat secara politis, dengan mengatakan mereka ingin kemerdekaan penuh dan bukan otonomi terbatas. Dalai Lama sebelumnya menolak tuduhan China bahwa ia berusaha menyabotase Olimpiade, dengan mengatakan bahwa ia selalu mendukung hak-hak Beijing menjadi tuan rumah pesta olahraga. Protes yang terus berlangsung itu menandai pemberontakan 1959 di Tibet terhadap kekuasan China yang ditumpas oleh Tentara Pembebasan Rakyat dan membuat Dalai Lama pergi ke tempat pengasingannya. (ANT/Kompas.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s