kura-kura tua dalam perahu

baju bagus mungkin hanya mereka kenal pada event2 tertentu. dalam keseharian nelayan-nelayan harus berbagi dengan peluh mereka berlindung dari terik matahari saat sedang bekerja di luas lautan.

baju bagus mungkin hanya mereka kenal pada event2 tertentu. dalam keseharian nelayan-nelayan ini harus berbagi dengan peluh mereka berlindung dari terik matahari saat sedang bekerja di luas lautan.
kita dapat bicara tentang kebahagiaan dan baju bagus itu. baju bagus itu soal tampilan. tapi kebahagiaan adalah milik mereka yang mau mensyukuri apapun yang mereka miliki, meski mungkin baju kumal bau ikan hasil tangkapan. dengan senyum di pagi hari, berdoa sebelum berangkat ke tengah laut mencari ikan, aku yakin meski di lautan tubuh-tubuh mereka tak merasai baju-baju bagus yang mungkn baru, ada kebahagiaan di hati mereka.
jiwa mereka aku lihat dari apa yang aku bisa kenali dari mereka bukan jiwa-jiwa kura-kura dalam perahu yang tak mengenal dirinya. nelayan-nelayan itu mengenal baik diri mereka, dengan tugas dan kesempatan hidup yang mereka jalani. setahun sekali, akan kita dapati rasa syukur mereka itu teraktualkan dala satu perayaan sedekah laut, tanda bakti mereka pada tuhan penguasa semesta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s