Enaknya Baca Portal Berita Online Berisi dan Menarik

Liputan6Onlinisasi memang sudah menjadi keharusan bagi sebuah media pemberitaan baik cetak, suara, maupun visual. Perkembangan teknologi dengan semakin marak berkembangnya internet mobile, smartphone dan tablet menjadi pendorong perubahan ini. Menghadirkan arus informasi yang lebih cepat tersebar. Berita hari ini merupakan Berita terkini, berita terbaru, kalau tidak mau dikatakan basi atau hanya pengulangan dari pengulangan berita yang sudah ada.

Saya senang dengan tag line Berita Terkini Liputan6.com dengan jargon Aktual, Tajam, dan Terpercaya. Dengan berkembangnya era digitalisasi, ini menjadi hal yang tidak mudah. Arus informasi yang cepat mengharuskan penayangan data-data informasi yang di dalamnya juga mengalami perubahan signifikan. Liputan6.com adalah kepanjangan dari pemberitaan Liputan 6 SCTV, yang karakternya ke visual yang diarahkan ke portal pemberitaan online. Di media visual, arus pemberitaannya tak secepat portal berita online, bisa karena penyesuaian jam tayang, atau memang sebab pemilahan berita yang laik tayang. Prioritarisasi berita akhirnya menyaring berita yang tak begitu banyak untuk dapat ditampilkan. Barangkali di media online juga demikian, tetapi tentu penyaringan beritanya tak seketat di media visual.

Saya percaya bahwa Liputan6.com tetap dapat mempertahankan jargon Aktual, Tajam, dan Terpercaya di portal berita onlinenya. Meski ada perbedaan kecepatan arus informasi yang diberitakannya. Ini yang saya kira masih dapat menjadi kekuatan portal ini. Substansi dari pemberitaan itu memang penting, bahkan terpenting menurut saya. Saya masih ingat tak sedikit media pemberitaan misalnya TV-One di media visual atau Kompas.com di portal pemberitaan lainnya yang kadang ceroboh dalam menampilkan berita. TV One dengan berita fiktif yang menghebohkan beberapa waktu yang lalu. Atau Kompas.com yang ceroboh mengutip/menterjemahkan berita dengan kesan tanpa chek and ricek ke sumbernya, baik sumber pemberita awal, maupuh hal yang diberitakan. Ini yang menurut saya menjadi tantangan sendiri. Menampilkan berita yang aktual, tajam, dan terpercaya di era pemberitaan yang cepat ini tentu bukan lagi hal yang mudah.

Tetapi selain substansi dari pemberitaan ini, gaya penayangan yang ditampilkan oleh sebuah portal berita juga penting. Lagi-lagi soal persaingan antar portal pemberitaan yang semakin banyak hadir.

Dalam hal tampilan portal, saya kira memang selain aspek kenyamanan untuk dilihat, aspek fungsionalitasnya perlu diperhatikan. Kenyamanan bisa soal pilihan fonts, pilihan menu, sidebar, dan lain-lain. Sedang aspek fungsionalitas, bisa apakah portal ini diarahkan ke penguatan aspek pemberitaannya, aspek visualisasinya dengan menampilkan video-video, atau segmen yang dipilih misalnya life style atau aspek keperempuanan. Pilihan pada fungsi-fungsi ini pada akhirnya akan memunculkan karakter portal itu sendiri.

Sebagai portal pemberitaan online saya sedikit memberi catatan pada liputan6.com. Bayangan saya tiap kali membuka laman liputan6.com, saya awalnya menduga bahwa dengan image-image yang menurut saya tidak kecil di front page itu, portal ini akan menghadirkan video-video streaming dari pemberitaan atau informasi yang ditayangkan di media visualnya. Dengan dugaan ini saya merasa cukup memaklumi bahwa liputan6.com barangkali lebih ingin menguatkan aspek visualisasi yang diterjemahkan ke dalam media online dengan mengelompokkan menjadi satu bagian gambar-gambar cukup besar itu di halaman utamanya.

Sayangnya bukan. Yang tampil di front page itu image-image berita sahaja. Masih mending kalau misalnya liputan6.com ingin menguatkan aspek berita fotonya dengan konsep portal gallery online. Namun, itu bukan juga. Coba bandingkan dengan tampilan kompas.com sekarang!

Membandingkan dengan Portal Lain

Terus terang, untuk membaca referensi berita di media online, saya lebih suka tampilan kompas di banding liputan6.com. Sebelum kompas.com melakukan perubahan pada template portalnya, saya sempat ikut surveynya, yang waktu itu juga arahnya meminta masukan pembaca untuk perubahan seperti apa agar kenyamanan membaca kompas.com dapat lebih baik.

Menurut saya tampilan Kompas.com yang sebelumnya sudah bagus. Sekarang, malah lebih bagus dengan gaya ala windows 8, tetapi dirangkai dengan konsep penempatan yang pas tiap elemennya.

Kekurangan di liputan6.com menurut saya pada penempatan image yang terlalu besar di bawah main slider-nya, dengan jumlah yang tak sedikit. Dari kesan yang saya tangkap, ini bukan seperti portal berita sebuah media besar yang serius menggarap portal berita onlinenya. Dengan melihat sekilas, orang akan mudah mengatakan bahwa ini sekedar blog yang mengatasnamakan portal berita online. Saya lebih merasa portal ini seperti blog sederhana, daripada sebuah portal berita online. Meski sekarang antara blog dan website atau portal standard dari segi tampilan hampir-hampir tidak ada bedanya, tergantung cara mengkonstruksi dan memadukan satu elemen dengan elemen lainnya secara pas sesuai dengan karakter yang ingin dihidupkan. Meskipun demikian tetap, portal liputan6.com menurut saya lebih kentara sebagai blog daripada website atau portal berita yang kadang agak monoton.

Atau entahlah, barangkali dengan thema atau  template yang sekarang, aspek dinamis liputan6.com ingin ditonjolkan menyesuaikan dengan segmen mobilitas pengguna yang sekarang banyak menggunakan smartphone atau tablet. Tetapi memang saya belum mencoba mengakses liputan6.com versi mobilenya. Jadi saya belum sempat melihat perubahan dari versi web ke versi mobilenya.

Selain penempatan image-image yang besar yang kurang tepat tadi, di bagian menu saya lihat juga biasa-biasa saja. Bahkan navigasi pencarian tertutup navigasi menu lainnya. Bagi portal pemberitaan online tentu ini sangat fatal. Pertama, karena menunya kurang menarik. Kurang menarik entah karena saya tidak suka dengan main menu dengan background yang terlalu panjang. Atau entah karena tampilan menunya tidak serasi dengan tampilan header dan body –nya. Yang jelas saya merasa tidak nyaman dengan tampilan menunya. Kedua, navigasi searching yang menarik biasanya selalu menempel di portal-portal berita profesional, dengan aspek pentingnya navigasi satu ini dalam pencarian isi berita. Dan liputan6.com mengabaikan aspek ini sebagai salah satu bagian penting yang harus dijaga kehadirannya.

Saya masih sering membaca liputan6.com, meski tak langsung melalui laman utamanya. Link-link yang ditampilkan di home facebook atau twitter saya, membantu saya tetap terus membaca berita apa saja yang disajikan liputan6.com yang sejauh ini menurut saya tetap Aktual, Tajam, dan Terpercaya. Tentu sesekali saya mampir ke portal lain untuk membaca ragam berita yang lain.

Berharap portal liputan6.com segera berganti wajah yang menarik, enak dilihat dengan tanpa mengabaikan keaktualan, ketajaman, dan kebenaran berita yang ditampilkannya. []

 #KlikLiputan6

Berita Terkini Liputan6.com

2 thoughts on “Enaknya Baca Portal Berita Online Berisi dan Menarik

Leave a Reply

